Selasa, 13 Maret 2012

Jawaban Ust Farid Nu'man seputar maraknya fitnah terhadap PKS

(sebarkan jika brmanfaat :) 
Tanya-Jawab pertama

assalamu'alaikum ustad
1. bagaimana kalo kita mau beli rumah/kendaraan tapai ga bisa tunai?mau ga mau harus kredit.apakah kredit ada unsur riba?bagaimana solusinya?
2.mohon komentar untuk kasus yg lagi heboh biar kita bisa mengambil sikap yg tepat
Wa 'Alaikum salam .......
1. Bai'u bi taqsith (kredit) hukumnya mubah, inilah difatwakan para ulama seperti Syaikh bin Baz, Syaikh Al Qaradhawi, Syaikh Wahbah Az Zuhaili, dan lainnya. Sesuai dengan keumumannayat: Allah menghalalkan jual beli. Tapi kemubahannya itu selama nominal cicilannya tetap dari awal sampai akhirnya. Jika berubah, maka perubahan tersebut adalah riba. misal cicilan tahun pertama 1 juta, ternyata tahun ke 2 menjadi 1, 2 juta gara-gara mengikuti suku bunga bank atau inflasi, dll. Maka, itu kredit yg diharamkan, krn adanya unsur riba.
Sebaiknya adalah KPR dengan Bank Syariah, supaya juga bebas dr sistem yg ribawi pula.
2. Saat ini, saya termasuk yg tidak menyetujui sikap ust Yusuf Supendi. Dahulu, pemikiran saya selalu bersamanya dalam kekritisannya. Namun saat ini ketika internal sudah banyak melupakan masa-masa lalu, dan mencoba menjalani suasana yg lebih kondusif, seharusnya itu dipertahankan. Jangan terus-menerus mengungkit-ungkit padahal di dalam sudah dianggap selesai. Hal ini mirip seperti Aisyah yang terus-menerus menuntut dicari siapa pembunuh Utsman kepada Khalifah Ali, tetapi Ali lebih memilih bagaimana meredam banyak pemberontakan saat itu. Para ulama lebih membenarkan pendapat Ali bin Abi Thalib Radhiallahu Anhu.
Saat ini, PKS sedang berusaha meredam berbagai tuduhan dan fitnah miring terhadapnya, tapi diternyata ditambah lagi masalah yg dibawa oleh Ust yusuf. Sayangnya, dan ini sangat-sangat disayangkan, Beliau telah memasuki ranah pribadi kehidupan seseorang untuk dikonsumsi oleh publik, seperti poligaminya beberapa petinggi PKS, presiden PKS mantan mujahidin Afghan, dan seterusnys. Memangnya apa masalahnya dnegan itu semua? Ini semua tidak perlu dan sama sekali tidak relevan, dan cenderung menodai kewibawaan diri Ust Yusuf sendiri. Ini bukan lagi kritis, tapi skeptis dan amarah. Imam Adz Dzahabi mengatakan, "jangan ambil ibrah dari kritikan orang yg sedang marah."
Akhirnya yg terjadi adalah banyak pihak yg berbahagia dengan peristiwa ini. Yang membenci PKS akan semakin dalam kebenciannya, yg tadinya simpati akan hilang kesimpatiannya, dan komentator yg biasa tak bersahabat dengan PKS akan semakin kenyang mengomentari PKS secara negatif, ....... dan media massa pun mendapatkan dagangan yang empuk.
Lalu, masyarakat menilai: "Semua partai di negeri ini adalah sama saja." inilah yg memang nampaknya sedang diupayakan oleh para penyerang PKS, ujung2nya adalah kehancuran PKS, cepat atau lambat.
Wallahu A'lam
Tanya-Jawab Kedua
maaf ust bagaimana tanggapan ustad?
bagaimana menurut Islam tntang partai terbuka?
Bukankah ini sudah diwacanakan sejak lama? bukankah sejak PK baru berdiri memang sudah terbuka? sejak tahun 99, sudah ada pengurus PK yang non muslim di daerah Islam yang minoritas ...
Kalau pengurus DPP tdk akan terjadi adanya pengurus non muslim ...
Kenapa eramuslim selalu mengulang-ulang ini? bukankah org yang ada di eramuslim seperti mashadi, tidak menolak sejak awal? syamsul balda juga demikian ... bukankah dahulu dia adalah wakil presiden PK yang pertama? ...
Jika ingin menolak menolaklah sejak dahulu ...
Dahulu pernah saya bahas, bahwa tidak boleh memberikan loyalitas kepada org kafir, yakni menjadikan mereka sebagai pemimpin, kawan dekat, dan kekasih ...
Tetapi, para ulama seperti Imam Ibnul Qayyim mengatakan bolehnya mengangkat org kafir menjadi pembantu kita dgn syarat: posisi kita lemah (seperti itulah yg mungkin di alami oleh kader PKS di daerah minoritas muslim, jangankan mencari kader, mencari muslim saja sulit). Dahulu Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah meminta bantuan musyrikin bani khuza'ah untuk melawan musuhnya. jangan lupa, yang menghapus jejak nabi dan abu bakar ketika proses hijrah pun juga seorng non muslim ..
Lalu, PKS adalah sebuah partai yang memang harus terbuka, apakah PKS ingin menjadi bonsai saja? kecil dan indah tapi tdk besar-besar? apakah itu yang diinginkan eramuslim?
Nah, yang penting adalah PKS jangan sampai lupa diri, jangan meninggalkan pos tarbiyahnya, dan jangan melupakan misi awalnya ...
Untuk link yang antum sebutkan dr eramuslim, itu menunjukkan penulisnya memiliki beberapa masalah:
- mudah percaya dengan inilah.com (atau yang lainnya) yg memang suka memotong berita, dibanding berita dari PKS sendiri yg lebih utuh, maka apakah bisa objektif? ahsannya antum buka teks lengkap pidato Nasir Jamil:
- eramuslim (atau penulisnya) menurut saya minim dalam memahami apa maksud "terbuka" dan tdk paham apa hukum seorang muslim mengutip ayat kitab suci agama lainnya.
Saya sudah buat tulisan tentang itu .. mudah2an bbrapa hari lagi sudah ada di MAP ini.
Wallahu A'lam
Tanya jawab Ketiga
oh ya ustad mohon tanggapannya tntang ini
kalo pimpinannya saja hidup wah smentara rakyat hidup susah,maka mau dibawa k mana dakwah ini?apakah harapan itu masih ada?ada sama siapa?
akhi fillah ..., coba antum renungkan, apa perlunya eramuslim memberitakan ini? Jika mereka ingin memperbaiki, datangilah Hilmi Aminuddin dan nasihati dia. Bukan membeberkannya di situs ... kesalahan apa yang dibuat HA kepada eramuslim?
Yang jauh lebih kaya dari Hilmi Aminuddian banyak, dan mereka juga berasal dari tokoh-tokoh Islam, tetapi kenapa sebegitu tendensiusnya eramuslim thdap HA dan PKS?
ya , saya tahu siapa dibalik eramuslim ini ... apakah karena tokoh2 eramuslim sudah dipecat dari PKS sehingga mereka semarah ini, sebagaimana YS?
Apa perlunya membicarakan kekayaan HA, padahal HA sendiri tidak pernah memamerkannya, tidak menyombongkannya .. kecuali kalau ada bukti jika HA mendapatkan kekayaan ini secara ilegal alias haram, itu pun juga tidak tepat dibeberkan sebelum dibuktikan dipengadilan.
Maka, ana nasihatkan kepada antum (akh juvefans) utk berhati-hati dengan situs yang satu ini ... sebab asas mereka adalah kebencian, bukan lagi objektifitas ... saya pun sering mengkritik PKS dan beberapa tokohnya, tapi kritiklah dengan ilmu, sesuai kebutuhannya, terukur, dan tidak membabi buta, dan bukan ainu sukhti (mata kebencian) ..
Dahulu eramuslim telah mencela Syaikh Al Qaradhawi dengan sebutan "kurang kerjaan" (ternyata itu ditulis oleh Mashadi), lalu saya kritik tulisan itu karena lemah, kurang adab, dan jahil terhadap syariat. dan, Alhamdulillah .. bberapa hari kemudian tulisan "kurang kerjaan" tersebut dihapus dan redaksi eramuslim minta maaf.
lalu skrg, eramuslim mengomentari Nasir Jamil secara berlebihan, hanya bermodal potongan berita dari Inilah.com ... tanpa mau membaca berita pidato secara utuh.
sejak hari pertama berita tentang Nasir Jamil, sudah banyak email masuk ke saya menanyakan itu, dan saya sudah nasihatkan para ikhwah utk jgn ambil kesimpulan dulu, sebab Inilah.com, detik.com, tempointeraktif, dan semisalnya, punya track record yg tidak bagus jika memberitakan PKS dan kalangan muslim lainnya .. Maka, sangat disayangkan jika eramuslim menjatuhkan wibawa dirinya dgn hanya bermodalkan inilah.com saja.
Lalu, tentang kekayaan HA ... perlu antum ketahui, org yang lebih besar dari dia, dan lebih masyhur darinya yakni Imam Malik memiliki rumah sebesar istana Bani Abbasiyah. jika dia hendak mengajar taklim, maka pengawal2nya sudah menyiapkan banyak kuda utk dia pilih.
Syaikh Al Qaradhawi pun memiliki rumah yang sangat2 besar, bahkan saking besarnya, perpustakaan yang dimilikinya memuat 60.000 buku yang baru kelar ditata setahun lamanya.
jadi, seorang ustadz atau syaikh, tidak mengapa dia kaya, yang penting didapatkannya dnegan cara halal. dia tidak menggembargemborkannya, dia tetap mau hidup sedrhana dengan umatnya, tidak menyeru manusia pada kekayaan, tidak lupa dengan zakat dan sedekahnya, tidak lupa dengan tetangganya dan fakir miskin ... apakah hal-hal ini sudah diperiksa oleh eramuslim dari Hilmi Aminuddin? apakah memang eramuslim beharap HA menjadi faqir saja?
terakhir, jika BENAR bahwa -misalnya- HA memang memiliki kekayaan yg tidak wajar ..., apakah dakwah berhenti karena seorang HA yang sudah seperti itu? hatta HA murtad pun, apakah dakwah berhenti? Betapa lembek dan rapuh kepribadian kita, jika mengeluh, kesal, dan sedih, hanya karena disebabkan ketergelinciran seorang ustadz atau tokoh .... dakwah ini tidak dibangun atas kultus terhadap seorang dua org ... antum lihat, ada sebagian ikhwah yang berhenti dakwah, lari dr tarbiyah hanya karena ustadz2 kesayangan mereka di pecat .. apa yg mereka perjuangankan? memperjuangkan ustadznya atau Islamnya?
Ingat, kita berdakwah untuk Allah, untuk islam, bukan untuk Hilmi Aminuddin ... ada atau tidak ada dia, maka dakwah tetap berjalan sesuai agendanya
Wallahu A'lam
Tanya-Jawab Keempat
Assalaamu'alaikum.
Ustadz sy jg pengen bertanya tentang PKS;
1. Sy jg ngga nyangka klo ternyata elit2 PKS banyak yg bermasalah, perbuatan asusila, penggelapan uang anak yatim, poligami tanpa wali, dan hidup bermewah-mewahan. Mereka2 yg dihukum sama PKS pun sy baru tau sekarang2, haruskah kesalahan orang yg di level elit harus ditutupi-tutupi? Pernahkan di Zaman Rosullulloh ada kisah tentang menutupi aib, sedangkan kesalahannya merugikan orang banyak? Klo di Ikhwanul Muslimin pernah terjadikah hal yg sama dengan PKS?
2. ....Peristiwa ini tragis. Partai yang slogannya menyentuh batas langit itu ternyata realitasnya ancur-ancuran. Yusuf Supendi menguak tentang 'harta haram dan istri haram' para petingginya. Sekarang wakilnya melihat 'tontonan haram' di tempat yang 'diharamkan' melakukan sesuatu di luar konteks memperjuangkan amanat rakyat....(detiknews). Menurut sy dosa2 yd dilakukan elit2 PKS td termasuk dosa besar semua, BERZINA, ASUSILA, KORUPSI, nonton PORNO, hukuman apa menurut ustadz yg pantes dijatuhkan kpd mereka?
3. Sikap apa yg terbaik tuk kader PKS ke depan nya menurut ustadz? Syukron
Wa 'Alaikum salam ........
1. Akhi fillah ... kesalahan manusia ada dua model:
a) kesalahan yang hanya membawa mudharat kepada pribadi, dan dia pun tidak pernah menggemborkan kepada org lain. Maka, aib ini memang harus ditegur secara diam-diam, dan tdk boleh disebarkan demi nama baik org tersebut, apalagi jika org tersebut track recordnya baik. Kita pun diperintahlkan untuk menutupi aib tersebut, dan niscay Allah akan menutp aib kitab di hari kimata nanti.
Rasulullah bersabda:

من ستر أخاه المسلم في الدنيا ستره الله في الآخرة
Brgsiapa yang menutupi aib saudaranya di dunia, maka Allah akan menutup aibnya di akhirat. (HR. Ahmad No. 7926, Syaikh Syu'aib Al Arnauth: shahih)
Oleh karena itu, aib-aib yang terkait kehidupan pribadi memang tdk boleh disebarkan, seperti seorang yang ta'adud dengan cara yang tidak wajar, melihat vcd porno, ... dan maksiat lain yang sama sekali tdk membawa mudharat buat org lain dan agama, kecuali pelakunya menyerukan manusia utk mengikuti perbuatannya, maka mesti ditegur terang2an.
Dan banyak kasus pada masa sahabat nabi, ketika mereka melakukan kesalahan pribadi dan diam-diam, maka mereka di tegur secara diam-diam ... Itulah yang dilakukan PKS. Maka, PKS tidak mau menceritakan pelanggaran-pelanggaran trsebut secara rinci, hanya disebut telah melanggar AD/ART, demi menjaga nama baik org tersebut.
2. Kesalahan yang bisa merugikan org bnyak, seperti korupsi, merampok, menyebarkan ajaran sesat, maka harus ditegur secara terang2an, karena org tersebut telah membukanya sendiri, dan untuk melokalisir penyimpangan yang dibawanya, dan agar org lain waspada terhadapnya.
Ini juga banyak kasus pada masa nabi, sahabat, dan setelahnya.
Untuk kasus IM, dulu ada petinggi IM yg melakukan penyimpangan, akhirnya di pecat oleh Ustadz Al Banna, namun Al Banna tetap menutupi aibnya.
2. Akhi fillah .... antum bisa buktikan mana elit PKS yang berzina? ASUSILA yang mana? KORUPSI yang mana? atau itu masih tuduhan, yg terlanjur dipercaya?, nonton PORNO si fulan sedang diproses, dan ada kemungkinan dia akan dihukum berat.
Kenapa kita lebih percaya detik.com, inilah.com, tempointeraktif, yang memang sudah lama tidk menyukai PKS? dan apakah antum sendiri apakah berinteraksi dengan elit PKS?
Allah Ta'ala memerintahkan kita tabayyun jika datang berita dari seorang fasik, apalagi jika berita itu datangnya dari sumber kefasikan seperti internet dan TV ... saya akan rinci:
tuduhan Yusuf Supendi, bahwa
- Anis Matta menggelapkan dana 10 milyar sewatu pilkada jakarta, tidak terbukti sampai saat ini, dan sudah diperiksa oleh audit independent. Ini juga ditegaskan oleh tim sukses DPW jakarta saat itu.
- Salah satu ekit PKS, yakni MS nikah lagi -katanya- dgn janda tanpa wali. Beliau sudah diberikan hukuman, dan ini sebenarnya khilafiyah fiqih, sebagian ulama ada yg membolehkan nikah dgn janda tanpa wali karn janda walinya adalah dirinya sendiri, walau sy tdk setuju pendapat ini. (Kenapa YS masih mengungkit-ngungkit ini? padahal ini urusan rumah tangga org lain, dan aib pribadi, dan sudah terjadi bbrapa tahun lalu ..... dan apakah ini yg dimaksud dengan zina? bukan ... khilafiyah seperti ini tdk boleh lgsung dituduh berzina, sebab menurut ulama yang menyatakan sah tentu itu bukan zina, walau pndapat ini dipendang lemah pihak lain)
- lalu, YS rencana ingin membongkar masa lalu Anis Matta ketika masih remaja yang menurutnya nakal, presiden PKS adalah mantan mujahidin Afghan, ..... memangnya kenapa? ini urusan pribadi orangnya yg sama sekali tdk merugikan siapa pun, apalagi menjadi mujahidin afghan, apa salahnya?
- Kasus misbakhun, - beliau sebenarnya bukan Kader PKS, dia adalah simpatisan saja, dan kasusnya pun sangat jelas muatan politisnya, yaitu setelah kasus bank century PKS bersebrangan dgn PD, ... tau-taunya nama beliau disebut pemilik LC fiktif, dan beliau beserta timnya sudah membantahnya
- Ada kasus dewan PKS yang korupsi, itu terjadi karena kebodohan mereka dan kepolosannya, asal- ikut2an dgn yang lain ... ini terjadi di 2 tempat.
Yang pantas di hukum adalah para pemfitnah, dan org yang menuduh zina jika tidak terbukti dan tidak mampu menghadirkan 4 saksi, maka dia harus dihukuim qadzaf 100 kali cambuk.
Ada pun yang nonton porno ketika paripurna, saya yakin akan dihukum berat, krn tifatul sudah janji hal tersebut.
3. Sikap terbaik adalah tetap waspada atas jeratan syetan, dan jebakan musuh-musuh Dakwah, Terus bersabar, dan kedepankan husnuszhan. Cari berita kepada yang bisa dipercaya, yang membawa berita secara utuh. sumber yg antum kutip (detk.com, juga yg lain spt inilah, com, tempointeraktif, okezone, dll) sudah sering memotong-motong berita, seperti kasus revolusi Mesir katanya PKS ikut andil dgn 7000 kadernya, kaus Nasir Jamil, kasus Daging Sapi import, dan kasus lain sebelum dan sesudahnya ... semuanya sudah dijelaskan bahwa itu karena kedustaan wartawannya. ( Detik pun minta maaf)
Budayakan tabayyun ... pada masa-masa fitnah seperti ini.
Org PKS ada kesalahan, dan kebaikan. Namun, jika air sudah dua kullah, maka najis tdk berpengaruh. Artinya, kebaikan manusia jika sudah demikian banyak, maka kesalahan mereka yg dilakukan segelintir elitnya tidaklah meneggelamkan semua kebaikan mereka secara umum.
Di tambah lagi, banyak pihak yang bermain, membantu, dan mendukung utk melakukan segala hal agar PKS itu hancur. Saya sering mendapatkan sms, email, tentang berbagai cerita PKS, tapi setelah cek bahkan turun di lapangan, itu semua tidak ada ..., namun sdh banyak yang terlanjur percaya. sungguh mencengangkan!
Sangat disayangkan jika kita mudah percaya hal-hal yg seperti itu, kalau kita mau saklek, berita2 tsb adalah dhaif kalo standar ilmu hadits dipakai utk menilai validitas berita saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar