Kamis, 19 Mei 2011

Keuntungan Berjuang Di Jalan Alloh SWT

Saudaraku, Berjuang  menegakkan Agama Alloh adalah sebuah kewajiban yang sudah tersemat dipundak setiap mukmin, semakin menyadari  kebutuhan kita akan kasih sayang  Alloh, maka akan semakin besarlah tanggung jawab seorang mukmin dalam memperjuangkan agama Alloh (Al-Islam). Semakin cintanya seseorang kepada Alloh, semakin kuatlah keinginan seseorang dalam memperjuangkan agamaNya.

Saudaraku, dunia ini dipenuhi dengan transaksi jual beli dan Alloh SWT menegaskan dalam Al-Quran bahwa transaksi yang paling menguntungkan adalah berjual beli dengan Alloh SWT (Berjihad/Berdakwah), dalam Al-Qur'an Surat Ash-Shaff  ayat 10-11:


Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih? (10)



(yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahuinya, (11)


Didalam ayat ini Alloh SWT mempromosikan proyek niagaNya kepada kita, sekaligus mengumumkan syarat-syarat yang harus dimiliki oleh orang – orang yang berminat melakukan perniagaan denganNya,



Syarat –syarat berniaga dengan Alloh :


1. Iman kepada Alloh dan Rasul (Tu’minuna billahi warosulihi): Ini menjadi syarat utama dalam berjuang ,kerena tanpa keimanan seseorang tak akan mungkin mau bertransaksi dengan Alloh dan tanpa keimanan ibarat robot yang bekerja tanpa hati (Ruh) dan dengan ruh inilah seseorang akan tahan terhadap ujian perjuangan.

2.Berjihad di jalan Alloh dengan harta dan jiwa (watujaahiduuna fiisabiilillaahi biamwalikum waanfusikum): harta dan jiwa adalah satu kesatuan dalam perjuangan,jika kita menengok sejarah perjuangan Rasululloh dan para sahabatnya,mereka telah mengorbankan harta dan jiwa seperti Abu Bakar Assidiq, Umar bin Khottob, Abdurrahman bin Auf dan lainnya.

3.Memahami karakter dan keuntungan perjuangan (inkuntum Ta’lamuun) : Setiap orang yang mengetahui dan meyakini keuntungan berniaga dengan Alloh ,pasti akan melakukan transaksi denganNya. Apa sajakah keuntungan berniaga (berjuang di jalan Alloh) ? dijelaskan oleh Alloh dalam Al-Qur'an Surat Ash-Shaff ayat ayat ke 12-13:

Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam surga `Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (12)



Dan (ada lagi) karunia yang lain yang kamu sukai (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman. (13)

Keuntungan berniaga dengan Alloh dalam Al Qur'an Surat Ash Shaff :12-13

  1. Terampuni dari dosa-dosa (Yagfirlakum dzunuubakum) 
  2. Dimasukkan kedalam Syurga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai (wayudhilkum - jannatun tajrii min tahtihal anhaar)  
  3. Kehidupan yang baik di syurga Adn (wamasaakina thoyyibatan fi jannati adn)
Ketiga keuntungan diatas disebut oleh Alloh sebagai kemenangan/keuntungan yang besar (fauzul Adziim)

Selain keuntungan yang besar tersebut diatas ternyata Alloh juga menawarkan keuntungan yang bersifat kontan  yang bisa langsung dirasakan didunia yaitu pertolongan Alloh (nashrumminalloh) dan kemenangan yang dekat (Fathun Qoriib). 

Jika mau di terjemahkan kedalam kehidupan para pejuang dakwah saat ini , betapa banyak nikmat dan karunia Alloh yang bisa langsung dirasakan oleh para Da'i seperti : keberkahan/kemudahan rizki, semakin banyaknya jumlah pendukung dakwah (Ta’yiidud da’wah), memiliki kesempatan untuk memimpin dan mengambil kebijakan diwilayah tertentu, semakin semaraknya wajihah-wajihah (lembaga-lembaga yang memperjuangkan dakwah), tersosialisasikannya syariat islam meskipun baru sebatas rasionalisasi belum formalisasi seperti hadirnya bank-bank syariah,munculnya media-media islami, dan lain-lain.

Dan inilah kabar-kabar gembira (wabasysyiril mu’miniin) yang Alloh sampaikan kepada kita melalui Surat cintaNya (Al-Qur-an) dalam rangka merangsang kita agar kita mau berpartisipasi aktif dalam upaya memperjuangkan agama Alloh SWT dan memenangkannya. firman Alloh dalam Al-Quran Surat Ash-Shaff ayat ke 9:



Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang-orang musyrik benci.(9)


Saudaraku, marilah kita berjuang untuk Dinul Islam mulia dalam dakwah Islamiyah Istimroriyah agar kita mendapatkan semua keuntungan yang Alloh janjikan.

Wallohu a’lam bishowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar