Senin, 13 Juni 2011

AKP Menang Mutlak Pemilu Turki 2011



AKP Menang Mutlak Pemilu Turki 2011 - Partai Keadilan dan Pembangunan atau AKP (Adalet ve Kalkınma Partisi) memenangi pemilu Turki 2011 dengan perolehan suara 49,9 persen. Kemenangan partai politik berhaluan Islam pimpinan Erdogan ini merupakan kemenangan ketiga berturut-turut sejak 2002.

Pemilu Turki 2011 diikuti oleh 15 partai politik dan calon independen. Hasil pemilu tidak jauh berbeda dengan survei menjelang pemilu. Dari 15 partai politik, hanya tiga yang mampu meraih suara di atas 10 persen sebagai ambang batas parliamentary threshold. Setelah AKP dengan perolehan suara 50,4 %, Cumhuriyet Halk Partisi (CHP) di urutan kedua dengan perolehan suara 25,9 % dan Milliyetçi Hareket Partisi (MHP) di urutan ketiga dengan perolehan suara 12,9 %.

Dengan kemenangan besar ini, Erdogan dipastikan akan kembali tampil memimpin negeri itu, dan akan mengelola Turki tanpa harus berkoalisi dengan partai lainnya.

AKP akan melanjutkan perubahan besar di Turki dengan merealisasikan platform Turki 2023 sebagaimana dikampanyekan sebelumnya. AKP juga bisa melakukan perubahan konstitusi Turki, yang bersifat menyeluruh yang sesuai dengan visi dan gagasan yang akan menjadi kebijakan strategis partai itu. [AN/bsb]
 
*) sumber muchlisin.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar