Minggu, 12 Juni 2011

Partai Keadilan dan Pembangunan (PKP) Menangkan Pemilu Turki

http://www.novinite.com/media/images/2011-06/photo_verybig_129217.jpg



Islamedia - Sejumlah media lokal menyebutkan penghitungan surat suara yang telah mencapai 99 persen menunjukan AKP berhasil memenangi 50 persen suara yang masuk. Dan akan menguasai 326 kursi parlemen yang tersedia.

AKP hanya kurang sekitar 41 kursi lagi untuk bisa menguasai dua pertiga parlemen dan diperkenankan mengamandemen konstitusi secara sepihak.

Dalam pidato kemenangannya, Erdogan mengatakan partainya akan mendiskusikan konstitusi baru dengan partai oposisi.

"Masyarakat telah memberikan kita pesan untuk membangun sebuah konstitusi baru melalui konsensus dan negosiasi," kata Erdogan kepada pendukungnya di Ankara.

Dalam pemilu kali ini AKP unggul atas partai sekuler, Partai Rakyat Republik, CHP yang mendapatkan 26 persen suara dan partai kelompok kanan, Partai Pergerakan Nasional, MHP, yang hanya mengoleksi 13 persen suara.

Kemenangan AKP yang merupakan partai berbasis Islam dalam pemilu kali ini tidak bisa dilepaskan dari sejumlah pencapaian pemerintahan pimpinan Erdogan.

Saat AKP berkuasa Turki berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi yang cukup baik dan menelurkan kebijakan luar negeri yang lebih tegas.

Selain itu saat berada dibawah keuasaan AKP, Turki juga berhasil menurunkan angka penggangguran hingga lebih dari tiga persen dalam setahun.

Dalam kampanye pemilunya mereka juga mendengungkan sejumlah proyek besar yang ambisius.

Beberapa proyek itu adalah pembangunan kanal dari Laut Hitam ke Aegean, sebuah kota baru di luar Istanbul dan juga pembangunan jembatan, bandara dan rumah sakit baru.[bbc.ci.uk]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar